Teori Erick Lindahl

Submitted by localhost on Mon, 11/16/2015 - 16:14

Erik Lindahl mengemukakan analisis yang mirip dengan teori yang dikemukanan oleh Bowen, hanya saja pembayaran masing-masing konsumen tidak dalam bentuk harga absolut akan tetapi berupa presentase dari total biaya penyediaan barang publik. Analisis Lindahl didasarkan pada analisa kurva indiferens dengan anggaran tetap yang terbatas (fixed budget constrains).

your browser does not support the canvas tag
 
 


your browser does not support the canvas tag
 
 

Teori pengeluaran pemerintah yang dikemukakan oleh Lindahl adalah teori yang sangat berguna untuk membahas penyediaan barang publik yang optimum dan secara bersamaan juga membahas mengenai alokasi pembiayaan barang publik antara anggota masyarakat


Kelemahan

Kelemahan teori Lindahl adalah karena teori ini hanya membahas mengenai barang publik tanpa membahas mengenai penyediaan barang swasta yang dihasilkan oleh sektor swasta. Selain itu, kelemahan utama dari analisa Lindahl ini adalah penggunaan kurva indiferens. Sifat barang publik yang tidak dapat dikecualikan menyebabkan tidak ada seorang individu juga yang bersedia menunjukkan preferensinya terhadap barang publik. Kritikan lain terhadap teori ini adalah bahwa teori ini hanya melihat penyediaan barang publik saja tanpa memperhitungkan jumlah barang swasta yang seharusnya diproduksi agar masyarakat mencapai kesejahteraan optimal.